Merupakan komponen pendukung atau aksesoris dari instalasi penangkal petir yang bersifat relatif yaitu dapat diaplikasikan maupun tidak, dan apapun keputusanya tidak menggaggu ataupun mengurangi kehandalan instalasi panangkal petir yang ada. Hal ini dikarenakan spesifikasi dari keselruhan komponen instalasi penangkal petir menyesuaikan dari kebutuhan dan keinginan dari pengguna. Memang setiap produk yang kami tawarkan dapat menambah nilai fungsi dari instalasi penangkal petir, hal ini menjadi instalasi menjadi lebih baik dan handal dari instalasi standar lainnya.

AKSESORIS PENANGKAL PETIR
• OBSTRUCTION LAMP
Obstruction lamp atau yang lebih dikenal dengan istilah lampu tower merupakan kategori material sebagai aksesoris dari instalasi penangkal petir. Lampu tower ini sama halnya dengan lampu lainnya, hanya saja bentuk dan spesifikasinya yang berbeda.Lampu tower ini lebih berfungsi sebagai penanda dalam bentuk cahaya dengan warna dominan merah, sebagai tanda terdapat suatu instalasi penangkal petir di ketinggian tertentu pada lokasi tersebut.

• PHOTOCELL
Photocell merupakan alat sensor dari rangkaian instalasi lampu tower. Alat ini lebih berfungsi sebagai saklar otomatis dengan sensor cahaya. Jadi photocell akan bekerja jika kondisi disekitarnya telah malam hari atau intensitas cahaya berkurang (seperti ketika mendung, kabut dll). Dengan kata lain lampu tower akan otomatis menyala jika intensitas cahaya disekitanya berkurang atau kondisi telah gelap.

• PIPA GALVANIZED
Pipa galvanis memiliki fungsi utama dari bagian instalasi air terminal, tanpa adanya pipa galvanis pada instalasi air terminal tidak bisa terinstal. Kami menyediakan beberapa macam ukuran pipa support untuk air terminal penangkal petir mulai dari 3/4" hingga 10". Ukuran pipa tersebut memiliki fungsi tersendiri sesuai dengan air terminal apa yang akan di instal. Untuk pemasangan air terminal konvensional menggunakan ukuran pipa 3/4" dan 1" ukuran tersebut merupakan ukuran paten bagi air terminal konvensional ( Splitzen / Trisula ). Sedangkan untuk pemasangan air terminal elektrostatis menggunakan pipa 2". Ukuran - ukuran pipa tersebut merupakan standart instalasi untuk pemasangan penangkal petir di atap gedung yang membutuhkan tinggi pipa mimimum 3 meter di atas level tertinggi.

• SPANDER
Aksesoris tarikan bentangan (spander) seperti gambar diatas berfungsi untuk menahan tower atau tiang air terminal dari angin, guncangan, dan lain sebagainya, tarikan bentangan ini menjadikan tower lebih kokoh dan tidak bergerak sedikitpun meski di lokasi yang umumnya sering terdapat angin kencang atau bangunan yang membutuhkan tiang air terminal lebih dari 3 meter di sarankan menggunakan aksesoris ini.

• CONNECTOR SLEEVE
Connector sleeve merupakan aksesoris dari instalasi penangkal petir. Connector lebih berfungsi sebagai pencegah induksi dan loncatan arus rambatan petir dari air terminal ke pipa penyangga. Pada sebagian kecil terdapat instalasi penangkal petir yang tidak menggunakannya, karena faktor air terminal telah diklaim oleh vendor telah aman dan tidak akan terjadi induksi dan loncatan arus rambatan petir.

• LIGHTNING STRIKE RECORDER
Lightning Strike Recorder Atau Alat Penghitung Sambaran Petir adalah alat untuk merekam sambaran petir secara langsung, mekanisme karja lightning flash counter ini adalah dengan menggunakan power dari induksi sambaran petir yang melewati pada down conductor sehingga kumparan dalam lightning counter dapat bergerak dengan indikator angka, lightning counter dapat bekerja biasanya jika dilalui arus diatas atau > 40ka. Dengan adanya perangkat ini maka jumlah sambaran petir dapat dengan mudah terdeteksi melalui angka yang tertera pada alat ini.

• KABEL PENGHANTAR
Kabel penghantar penangkal petir termasuk komponen utama dalam instalasi penangkal petir. Tetapi dalam instalasi penangkal petir ada aksesoris yang memerlukan kabel sebagai pelengkapnya, seperti obstructuon lamp ( lampu tower), surge arrester, grounding sistem pararel dan lain sebagainya. Bunga Indo Tehnik menyediakan berbagai macam kabel untuk instalasi penangkal petir dan aksesorisnya.

• SURGE ARRESTER
Surge arrester sering disebut dengan penangkal petir internal karena memiliki fungsi perlindungan pada lonjakan tegangan listrik melebihi batas yang di tentukan. Terkhusus arrester mengamankan induksi petir yang memiliki efek negatif pada rangkaian atau jaringan listrik. Lonjakan tegangan pada rangkaian atau jaringan listrik sangatlah berbahaya karena tegangan listrik yang melebihi tegangan normal dapat merusak alat elektronik yang terhubung dalam suatu rangakian atau jaringan listrik tersebut.

AKSESORIS GROUNDING
• COPPER ROD
Copper Rod merupakan material rangkaian pembumian, dengan menggunakan material tersebut menjadikan instalasi grounding lebih praktis dan mudah, di bandingkan dengan penggunaan kabel bc yang lebih rumit untuk rangkaian sistem pembumian. Material grounding berfungsi sebagai penghantar sebaran arus petir dari air terminal ke dalam tanah.

• SEMEN BENTONIT
Semen bentonit sebagai media grounding merupakan sistem pentanahan yang bertujuan untuk memanipulasi pada tanah yang memiliki nilai tahanan tanahnya cukup tinggi seperti daerah pegunungan, bebatuan maupun berpasir. Penggunaan semen bentonit bertujuan untuk membantu instalasi pembumian ( grounding ) agar menjadi lebih baik.

• BOX CONTROL
Bak kontrol grounding ini digunakan sebagai titik inspeksi sistem grounding dan proteksi petir. Terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas dan air. Produk ini sangat praktis untuk pengganti lubang kontrol untuk sistem grounding, Kami menyediakan 2 macam box control mulai dari yang terbuat dari cor ( box control tanam ) dan terbuat dari besi ( box control tempel ).

• SEMEN KONDUKTIF
Kharcoal merupakan bahan koduktif yang berfungsi untuk membantu meningkatan konduktifitas tanah terutama pada tanah yang nilai tahanannya cukup tinggi seperti daerah berpasir, bebatuan, mengandung material oksida dan lain sebagainya, Sehingga tidak dapat mendapatkan nilai grounding yang baik.

• MESIU
Cadweld bisa diperumpamakan seperti kompor peleburan untuk material tembaga. Fungsi utamanya sebagai media atau alat penyambungan dengan teknik ledakan skala kecil. Sehingga material tembaga dapat melebur menjadi satu dan menghasilkan sambungan yang handal. Menggunakan cadweld membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dikarenakan jika konsisten maka setiap titik sambungan harus seluruhnya dicadweld.

• KLEM ROD
Klem Rod berfungsi sebagai penjepit antara kabel pengahantar dengan ground rod. Klem rod merupakan aksesoris yang tidak dapat di remehkan, karena tanpa adanya klem rod maka konektifitas antara air terminal dengan grounding tidak dapat tersambung.

• JOIN SKUN
Join Skun merupakan susunan perlengkapan sambungan grounding dengan adanya material tersebut pemasangan grounding lebih ideal. Karena join skun berperan sebagai konektor kabel yang menghubungkan antara kabel penghantar air terminal dan kabel ke grounding.

• KABEL BC
Kabel BC merupakan kabel yang memiliki dua fungsi dalam instalasi penangkal petir. Pertama dapat digunakan sebagai kabel penghantar air terminal dengan syarat minimum luas penampang 50mm. Kedua dapat digunakan sebagai media grounding sebagai pengganti ground rod dan dapat di gunakan sebagai grounding system pararel.

Bunga Indo Tehnik telah menjalankan pengadaan suplai material penangkal petir maupun jasa pemasangan penangkal petir lebih dari 10 tahun. Dengan adanya pengalaman di bidang jasa pemasangan maupun suplai penangkal petir bunga indo tehnik bersedia melayani untuk kebutuhan penangkal petir di seluruh wilayah indonesia. Bila anda tidak menemukan material air terminal penangkal petir yang anda butuhkan sepeti kami sediakan di atas, anda bisa kunjungi halaman di www.duniapetir.com atau langsung hubungi kami dengan kontak yang telah kami sediakan di profil perusahaan kami.